Panel surya menangkap cahaya matahari, lalu mengubah tangkapan cahaya menjadi aliran listrik untuk keperluan aktivitas masyarakat sehari-hari. Wilayah beriklim tropis dengan intensitas matahari yang berlimpah tentu mendapatkan keuntungan dalam hal ini, namun bagaimana dengan wilayah lain yang iklimnya didominasi dengan angin dan hujan? Apakah panel surya dan solar system bisa efektif diimplementasikan di wilayah-wilayah tersebut?

Simak ulasannya berikut!

Selama masih ada cahaya matahari, panel surya tetap bisa menangkap energi surya secara efisien. (Sumber gambar: ft.com)

Bisakah panel surya bekerja dengan cahaya matahari yang minim?

Ada sebuah anggapan yang kurang tepat mengenai cara kerja panel surya. Panel surya tidak selalu memerlukan akses langsung cahaya matahari. Meskipun cuaca sedang mendung dan berawan, selama masih ada akses cahaya matahari langsung, cahaya tetap bisa ditangkap oleh panel surya secara efisien.

Bagaimana ketahanan panel surya terhadap angin kencang, hujan, dan cuaca dingin?

Semua panel surya dibuat dengan dengan ketahanan terhadap berbagai kondisi iklim, termasuk hujan, hujan es, berangin, panas, dan dingin. Panel-panel surya berkualitas bahkan dapat menghadapi angin dengan kecepatan mencapai 140 MPH.

Cuaca musim dingin justru bisa meningkatkan output panel surya, bahkan salju dapat merefleksikan cahaya matahari juga meningkatkan kinerja sel photovoltaic panel surya. Selama panel tidak sepenuhnya tertutup salju, iklim dingin beserta salju tetap bisa ideal bagi panel surya.

Namun demikian, tentu panel surya juga memiliki keterbatasan. Cuaca ekstrem disertai petir yang kencang atau hujan es pada kapasitas tertentu dapat pula berdampak negatif pada panel surya. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk mempelajari ketentuan garansi yang ditawarkan oleh penyedia solar system Anda.

Lalu adakah temperatur maksimum untuk panel surya?

Setiap panel surya memiliki kadar efisiensi yang berbeda. Pada umumnya, panel surya pada solar system di perumahan pribadi memiliki temperatur standar sebesar 25°C (77°F), dengan rentang suhu umumnya antara 15°C and 35°C. Pada kisaran suhu ini lah panel surya menunjukkan kinerja paling baik. Batas titik efisiensi panel surya adalah pada suhu 65°C (149°F). Di atas suhu ini, efisiensi kinerja solar system dapat terganggu karena turunnya tegangan yang dihasilkan.

Apakah cuaca mempengaruhi usia panel surya?

Kini sudah banyak panel surya yang telah teruji kualitas dan durabilitasnya dalam segala kondisi cuaca. Salah satu tip agar panel surya pada solar system Anda bertahan lama adalah pastikan Anda memilih penyedia solar system yang tepat dan terpercaya, karena mereka tahu panel surya seperti apa yang paling sesuai untuk diaplikasikan pada iklim tempat Anda tinggal. Pastikan juga penyedia solar system Anda menyediakan garansi yang cukup—minimal hingga 25 tahun setelah pemasangan—untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat optimum, dan panel surya Anda mendapatkan perawatan sesuai yang dibutuhkan.

SolarNation menggunakan panel surya dan perangkat pendukung solar system berkualitas, memberikan garansi hingga usia maksimum panel surya (minimal 25 tahun), serta menyediakan layanan perawatan gratis sepanjang masa garansi.

Ingin tahu lebih banyak mengenai solar system dan jasa pemasangan solar system yang diberikan SolarNation? Segera hubungi kami!