Ternyata tidak sedikit figur ternama di Hollywood yang juga menyadari dan peduli terhadap penggunaan energi terbarukan sebagai pengganti sumber energi yang berasal dari bahan bakar fosil. Mereka pun menggunakan ‘suara’ yang mereka untuk isu energi ini. Siapa saja mereka? Simak yang di bawah ini!

Pierce Brosnan

 (Sumber foto: geeksworldwide.com)

Dikenal dengan perannya sebagai James Bond, Pierce Brosnan mengaplikasikan solar system pada vila pribadinya di Malibu, Amerika Serikat. Berkat kesadaran dan kepeduliannya terhadap energi terbarukan ini, ia bahkan mendapatkan penghargaan dan terdaftar ke dalam National Environmental Hall of Fame.

Selain menggunakan tenaga surya untuk kebutuhan listrik di kediamannya, Pierce Brosnan juga memiliki alat penumpuk kompos yang juga menggunakan energi surya. Ia juga memiliki jendela terinsulasi dan mengaplikasikan sistem daur ulang air. Tak hanya itu, ia memberlakukan sistem otomatis lampu mati saat dalam 5 menit setelah ruangan kosong.

Julia Roberts

 (Sumber foto: yellowlite.com)

Kediaman Julia Roberts di Malibu, California juga dipenuhi dengan modul surya. Ia juga memilih berbagai perangkat rumah tangga yang ramah lingkungan. Aktris yang terkenal melalui perannya dalam film “Pretty Woman” ini merenovasi rumahnya menjadi serba ramah lingkungan pada tahun 2009, termasuk pengaplikasian solar system pada tiga atap rumahnya. Ia juga memastikan material atap, bahan bangunan dan berbagai perlengkapan rumahnya merupakan bahan alam terbarukan dan dapat didaur ulang.

Edward Norton

 (Sumber foto: www.hollywood.com)

Sejak lama, Edward Norton dikenal banyak mempromosikan pentingnya dan manfaat penggunaan energi solar. Ia bekerja sama dengan BP Solar dalam program yang bernama Solar Neighbors Program pada tahun 2004. Setiap ada seorang selebriti menginstalasi solar system melalui program ini, BP Solar akan menginstalasi solar system secara gratis untuk sebuah rumah di area penduduk berpenghasilan rendah.

Edward Norton juga merupakan Duta Besar PBB untuk Biodiversity (keanekaragaman hayati). Ia juga menggunakan solar system serta beragam perangkat ramah lingkungan di kediamannya.

Jane Fonda

 (Sumber foto: pagesix.com)

Jane Fonda merupakan aktris senior Hollywood yang sudah sejak lama menunjukkan perhatiannya terhadap energi terbarukan. Tahun 1978 ia sudah menjadi aktivis yang menyerukan bahwa penggunaan energi surya dapat membebaskan para konsumen listrik dari biaya tagihan yang tinggi. Ia juga membangun rumah ramah lingkungan lengkap dengan solar system-nya pada tahun 1980, dan kini pada kediamannya di Beverly Hills, ia juga mengaplikasikan lantai gabus dan tenaga surya sebagai pemanas kolam renangnya.

Alicia Silverstone

 (Sumber foto: impactingourfuture.com)

Aktris yang satu ini terkenal sangat ramah terhadap lingkungan. Dari memilih bahan-bahan selain plastik sebisa mungkin dan berkomitmen menjadi vegetarian, Alicia selalu berusaha aktivitasnya tidak menjadikan permukaan bumi semakin turun. Salah satu upayanya adalah menginstalasi solar system pada kediamannya di LA. Ia juga menggunakan peralatan-peralatan rumah tangga ramah lingkungan untuk mengurangi jejak karbon yang dihasilkannya.

Alicia Silverstone juga kerap menyerukan para pebisnis dan developer properti untuk menginstalasi dan mengintegrasi modul surya pada properti mereka untuk mengurangi penggunaan sumber energi listrik konvensional.

Leonardo DiCaprio

 (Sumber foto: pvsolarreport.com)

Aktor peraih piala Oscar ini sangat bersemangat ambil bagian dalam menciptakan masa depan yang lebih baik untuk planet dan generasi muda melalui pemanfaatan sumber energi terbarukan. Bahkan ialah yang menginisiasi ide penggunaan solar system dalam lokasi shooting salah satu film terkenalnya, ‘Inception’.

Sebagai aktivis lingkungan, Leonardo DiCaprio lalu bermitra dengan perusahaan energi surya off grid, Kingo, untuk memberikan akses tenaga surya untuk penerangan dan kebutuhan listrik lainnya di wilayah-wilayah terpencil, seperti semisal di pegunungan Guatemala. Ia juga pernah tanpa ragu menginvestasikan jutaan dolar uangnya untuk konservasi energi terbarukan, tak hanya melalui investasi, namun juga berperan sebagai penasihat di perusahaan pemasok tenaga surya tersebut.

Brad Pitt

 (Sumber foto: themercurynews.com)

Brad Pitt juga salah satu aktor Hollywood yang sangat peduli dengan isu energi terbarukan, hidup serba eco-friendly, dan energi surya. Tak hanya menginstalasi solar system pada kediamannya, Ia mendirikan yayasan Make It Right pada tahun 2007. Melalui yayasan ini, Brad Pitt membantu para korban berbagai bencana alam, semisal Badai Katrina yang kehilangan rumah mereka dengan membangun kembali ratusan rumah tahan badai, menggunakan solar system dan peralatan rumah tangga dengan energi terbarukan.