Jika Anda baru memutuskan untuk beralih kepada solar system untuk kelistrikan rumah tangga Anda, tantangan selanjutnya adalah memilih perusahaan penyedia solar system yang tepat. Apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk menjatuhkan pilihan Anda pada brand yang tepat? Ikuti beberapa tip di bawah ini!

Lakukan pencarian informasi di internet dan minta referensi dari konsumen lainnya

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet. Sisihkan waktu untuk melakukan pencarian dan bertanya kepada orang-orang yang lebih tahu—misalnya saja, tetangga atau kerabat yang sudah mengaplikasikan solar system di hunian mereka. Baca ulasan mengenai kinerja perusahaan penyedia solar system lengkap dengan Engineering, Procurement, Construction (EPC) yang Anda tuju. Di internet, Anda juga akan dengan mudah menemukan portal komunikasi dimana konsumen-konsumen produk tertentu secara terbuka memberikan opini mereka akan layanan yang mereka terima.

Pelajari semua situs perusahaan penyedia solar system yang Anda pertimbangkan. Setiap situs tentunya memberikan informasi yang lengkap mulai dari latar belakang perusahaan, layanan yang ditawarkan, hingga detail portofolio dan personel yang bekerja dan berada di balik perusahaan pemberi jasa tersebut. Bila perlu, lakukan background check juga terhadap tim profesional yang bekerja di dalam perusahaan ini karena sangat penting memilih perusahaan yang ditopang oleh tim profesional dan berpengalaman di bidangnya masing-masing, dalam hal ini, khususnya untuk proses instalasi solar system.

Cek riwayat pengerjaan solar system sebelumnya

Sebaiknya Anda lebih melihat kepada pengalaman dan rekam jejak pekerjaan di masa lalu daripada seberapa besar perusahan tersebut. Selain mengecek portofolio perusahaan yang ada di dalam situs resmi perusahaan, tidak ada salahnya Anda juga meminta langsung portofolio mereka secara lebih lengkap dan terperinci. Lihat proyek-proyek apa saja yang sudah pernah mereka kerjakan sebelumnya, termasuk skala proyek dan tingkat kompleksitasnya, lalu cari tahu apakah proyek-proyek tersebut masih berjalan dengan baik hingga saat ini. Semakin banyak pengalaman pengerjaan proyek, tentunya semakin baik—misalnya seperti SolarNation yang memiliki pengalaman mengerjakan proyek solar system di berbagai tempat, mulai dari di Jabodetabek, Sumatera, Bali, Kalimantan, hingga Papua untuk kebutuhan listrik rumah tangga, gedung perkantoran, maupun pasokan listrik daerah terpencil.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui bukti akreditasi dan sertifikasi keahlian yang mereka miliki. Hal ini bisa menjadi penilaian Anda akan seberapa serius dan berkomitmennya perusahaan ini menjalankan bisnis dan memberikan layanan kepada konsumennya.

Cari informasi lengkap mengenai perusahaan penyedia solar system melalui situs-situs resminya di internet, dan minta rekomendasi dari konsumen lainnya. (Sumber foto: medium.com)

Pelajari penawaran layanannya secara menyeluruh

Mintalah penawaran yang jelas dari perusahaan tersebut. Anda lalu bisa membandingkan harga dan fasilitas yang bisa Anda dapatkan dari harga yang mereka ajukan. Biasanya mereka akan meminta waktu Anda untuk bertemu dan melihat langsung lokasi rumah atau properti Anda untuk dapat mengkalkulasi harganya. Pada kesempatan ini lah Anda bisa bertanya sebanyak mungkin untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Sebaiknya Anda mengumpulkan penawaran dari 2 atau 3 perusahaan. Mintalah penawaran dengan detail spesifikasi yang jelas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu Anda ketahui juga bahwa sebagian instalasi solar system membutuhkan scaffolding atau pengerjaan konstruksi tambahan pada atap Anda—jika memang demikian juga halnya dengan properti Anda, pastikanlah quotation penawaran yang diberikan sudah termasuk hal ini.

Satu hal juga yang paling penting, pastikan apa yang mereka tawarkan termasuk garansi untuk periode selama usia panel surya pada umumnya (25 tahun), serta fasilitas perawatan gratis.

SolarNation langsung memberikan penawaran dalam bentuk Total Cost of Ownership (TOC) yang berarti sudah mencakup keseluruhan produk dan layanan, termasuk biaya panel surya, inspeksi lokasi, pemasangan solar system, pemeliharaan dan perawatan panel surya setelah pemasangan, hingga garansi selama 25 tahun.

Pelajari perusahaan penyedia yang memberikan produk dengan merk berkualitas

Ada banyak merek sel surya yang tersedia, tentunya dengan spesifikasi materi dan efisiensi yang berbeda. Pastikan perusahaan penyedia solar system Anda menggunakan merek panel surya dengan kualitas terjamin, seperti SolarNation yang menggunakan panel surya produksi Tesla, sebuah perusahaan otomotif dan penyedia energi ternama dunia.

Ketahui lisensi instalasi yang dimiliki oleh perusahaan penyedia

SolarNation adalah satu dari hanya 4 penyedia solar system di Indonesia yang memiliki lisensi Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi Energi Baru Terbarukan (SBUJK EBT) dan Sertifikat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) dari PLN. Kedua sertifikasi ini adalah bukti bahwa SolarNation telah diakui oleh pemerintah sebagai penyedia solar system terpercaya di Indonesia, termasuk untuk kebutuhan residensial. Karena itu, kredibilitas SolarNation tidak perlu diragukan lagi!

Menggunakan solar system untuk kelistrikan Anda di rumah adalah bentuk investasi jangka panjang. Jangan sampai Anda salah memilih partner dalam menginvestasikan uang Anda. Lakukanlah pencarian yang Anda butuhkan, dan berkonsultasilah pada ahlinya, pada orang-orang yang tepat.

SolarNation bersama tim profesional kami siap menjawab semua pertanyaan Anda seputar instalasi solar system. Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk memilih solar system, sedang memilih penyedia solar system, atau sekadar membutuhkan informasi mengenai solar system untuk listrik Anda, segera hubungi kami!