Jika menggunakan solar system dapat menghemat biaya listrik, masih perlukah upaya penghematan dilakukan? Jawabannya: tetap perlu. Apabila rumah Anda menggunakan solar system sebagai sumber kelistrikan, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan agar manfaat investasi yang Anda rasakan maksimal. Apa saja?

Monitor selalu penggunaan energi listrik Anda

Agar penggunaan energi listrik Anda benar-benar efektif, ada baiknya Anda selalu memonitor aktivitas solar system Anda. Pelanggan SolarNation mendapatkan kelebihan berupa sebuah aplikasi yang dapat mengukur serapan energi matahari, besaran listrik yang diproduksi, serta seberapa banyak energi listrik yang Anda gunakan setiap hari. Pada aplikasi ini, Anda dapat memeriksa aktivitas atau alat rumah tangga apa yang biasanya paling banyak menyerap energi listrik Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengatur penggunaan alat-alat listrik ini agar tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan saja.

Monitor selalu penggunaan listrik di rumah Anda agar Anda dapat melakukan penghematan. (Sumber foto:iowaenvironmentalfocus.org)

Hemat listrik sebisa mungkin

Ya, upaya penghematan tetap perlu Anda lakukan, karena dengan penggunaan listrik yang lebih efisien, semakin banyak biaya penghematan listrik Anda, dan semakin besar pula kontribusi Anda dalam mengurangi karbon dioksida, bukan?

Salah satu cara penghematan yang bisa dilakukan namun selama ini kurang disadari masyarakat adalah tidak membiasakan meninggalkan peralatan yang tersambung dengan listrik di rumah dalam kondisi standby mode. Misalnya seperti peralatan di dapur, TV, komputer, hingga wifi dan games yang seringkali Anda tinggal dalam kondisi standby. Kalau dihitung-hitung, akumulasi dari semua listrik standby ini cukup banyak menghabiskan energi yang tidak terpakai. Karena itu, sebaiknya kabel dilepas sakelarnya saat Anda sedang tidak menggunakan peralatan listrik tersebut.

Ganti penerangan Anda dengan lampu LED

Satu hal yang tidak kalah penting dan kerap kali terlewatkan adalah mengganti Kong penggunaan lampu pijar Anda dengan lampu LED yang memiliki daya lebih kecil, sehingga lebih hemat energi. Kini harga lampu LED juga semakin terjangkau. Lampu ini juga bersifat tahan lama, dan biasanya bertahan hingga bertahun-tahun. Jika lampu LED yang baru Anda gunakan dalam jangka waktu pendek sudah mengalami kerusakan, hal ini mungkin karena pemakaian yang kurang tepat. Perhatikan bahwa lampu LED tidak bisa dipasang di tempat yang sempit dan kurang sirkulasi udara. Area yang tertutup seperti ini dapat menyebabkan panas berlebih sehingga lampu terus berkedip dan mudah rusak. Agar usia lampu LED hemat listrik optimal, pastikan ruangan terjaga pada suhu 10 hingga 27 derajat celcius.

Untuk konsultasi penggunaan solar system lainnya, segera hubungi SolarNation!