Biaya listrik termasuk komponen pengeluaran bulanan rumah tangga yang paling besar. Belum lagi Tarif Dasar Listrik (TDL) nasional umumnya mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Bahkan The Institute for Energy Economics and Financial Analysis (IEEFA) memperkirakan TDL akan naik sebesar 10% hingga 25% pada tahun 2020. Lalu apa solusi yang bisa dilakukan untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga yang satu ini saat usaha mengurangi pemakaian listrik seringkali berujung sia-sia?

Pilihan Energi Baru Terbarukan (EBT) berupa tenaga surya sebagai sumber listrik adalah salah satu jawabannya. Karena materialnya berupa energi matahari yang suplainya terhadap bumi tak berbatas, solar system bisa menjadi solusi untuk mengurangi biaya listrik bulanan. Sebagai negara dengan paparan sinar matahari berlimpah, Indonesia merupakan wilayah yang strategis untuk mengaplikasikan solar system sebagai sumber energi listrik, baik untuk hunian masyarakat, maupun pada bangunan-bangunan komersil, industri, dan pabrikan.

SolarNation hadir menawarkan solusi solar system ini kepada masyarakat Indonesia. Terdiri dari konsultan profesional dan teknisi bersertifikat, SolarNation selalu siap memberikan pelayanan menyeluruh bagi pelanggannya. Mulai dari konsultasi awal termasuk proses analisa dan riset, hingga instalasi solar system dengan kualitas terjamin.

Lalu berapa kira-kira kebutuhan daya listrik dan rata-rata biaya solar system untuk hunian di Indonesia? Berikut kami jabarkan rincian kalkulasinya untuk Anda.

Simulasi dengan luas bangunan rumah 45 m2, kapasitas listrik yang dibutuhkan untuk diinstal adalah 5 kWp. Biaya investasi awal untuk pemasangan solar system dengan kapasitas ini yaitu jatuh pada nilai Rp 127.500.000, sudah termasuk konsultasi, proses instalasi, serta perawatan pasca transaksi. Rata-rata produksi energi listrik per tahun untuk kapasitas ini diperkirakan sebesar 9 MWh per tahun, dan demikian setidaknya nilai penghematan Anda pada tahun pertama adalah senilai Rp 13,000,000, dan akan bertambah setidaknya sebesar 7% pada tahun-tahun berikutnya. Anda pun akan merasakan payback dari investasi awal Anda 6,5 tahun dari saat instalasi panel surya dilakukan.

SolarNation hadir untuk memberikan solusi penghematan biaya listrik dengan implementasi solar system untuk Anda. (Sumber foto: adopt-a-contractor.com)

Contoh simulasi lain untuk bangunan dengan luas 60,2 dengan kapasitas energi listrik yang perlu diinstal kira-kira sebesar 10 kWp. Dengan modal investasi yang setara dengan harga sebuah mobil MPV, Anda bisa menginstalasi solar system yang menghasilkan energi listrik sebesar 18 MWh per tahun, menghemat Rp 26,000,000 pada tahun pertama pemasangan, dan mendapatkan payback investasi dalam waktu 6 tahun dengan total penghematan listrik hingga Rp 1,9 miliar selama usia solar system yang bisa mencapai 25 tahun.

Agar panel surya dan solar system dapat terus bekerja dengan optimal dan sesuai dengan kebutuhan, dibutuhkan pemeliharaan yang juga maksimal. SolarNation tetap mendampingi klien, memberikan layanan pemeliharaan tersebut secara gratis, serta memberikan garansi hingga 25 tahun lamanya.

Ingin bertanya lebih jauh dan konsultasi mengenai biaya instalasi solar system untuk hunian Anda? Segera hubungi SolarNation!